Manfaat buah pepaya

Buah pepaya (Carica papaya L.) adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan. Tanaman ini kini telah menyebar luas di seluruh daerah tropis seperti Indonesia. Orang Jawa biasa menyebut pepaya dengan sebutan "katès", dan orang sunda biasa menyebut dengan "gedang".
Buah pepaya memiliki banyak manfaat, mulai dari akar hingga daun dan buahnya. Akarnya bisa di manfaatkan untuk jamu, buah yang muda di manfaatkan untuk sayur, sedangkan buah yang sudah matang bisa untuk pencuci mulut, daunnya juga bisa untuk sayur, dan lain-lain.
Pepaya adalah salah satu buah yang mengandung lycophene, yang dikenal sebagai zat yang sangat efektif dalam mencegah dan memerangi penyebaran sel kanker.

Berikut ini beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan :
1.Pepaya sangat bagus untuk kulit,membantu menghilangkan jerawat dan membantu membuka pori-pori tersumbat. Fermentasi daging buah pepaya membantu untuk melarutkan sel-sel mati, menyegarkan dan mencerahkan kulit,

2.Pepaya merupakan buah yang kaya serat dan menurunkan kadar kolesterol. Mengandung enzim yang membantu mencegah oksidasi kolesterol, yang kembali membantu mencegah serangan jantung.

3.Antioksidan dalam pepaya membantu mengendalikan penuaan dini. Anda akan terlihat lebih muda jika mengkonsumsi pepaya secara teratur.

4.Biji pepaya bersifat obat. Jika diolah, bisa mengobati cacingan.

5.Pepaya membantu mencegah sembelit dan membantu dalam pencernaan. Enzim papain merupakan enzim pencernaan yang membantu dalam pencernaan alami.

6.Pepaya baik untuk menyembuhkan infeksi kulit dan luka yang tidak kunjung sembuh dengan cepat.

7.Pepaya memiliki kalori rendah, sehingga baik bagi yang ingin menurunkan berat badan.

8.Untuk wanita hamil, konsumsi secara teratur sepotong kecil pepaya membantu menyembuhkan mual dan morning sickness.

9.Buah pepaya kaya akan vitamin A dan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan sangat baik bagi mereka yang menderita demam, pilek atau flu.

10.Shampo yang mengandung pepaya sangat baik untuk mengendalikan ketombe.

11.Pepaya membantu mengendalikan ketidakteraturan menstruasi pada wanita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel