Manfaat daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak kandungan dan manfaat untuk mengobati penyakit. Hampir semua orang sudah mengenal daun sirih, namun ternyata belum banyak yang tahu manfaat daun sirih bagi kesehatan. Mungkin orang hanya mengetahui kalau daun sirih sebagai obat saat mimisan. Karena memang salah satu khasiat daun sirih yang paling populer yakni sebagai obat alami saat mimisan.
Selain untuk obat mimisan, daun sirih juga bisa untuk mengobati penyakit seperti diare, bronkitis, sakit gigi, dan lainnya. Untuk info lebih lanjut, silahkan baca informasi dibawah ini.
1. Daun sirih sebagai obat Bronkitis
   Caranya : Potong 6 sampai 7 lembar daun sirih. Masak daun sirih tersebut kedalam dua gelas air dan campur dengan sedikit gula. Tunggu sampai mendidih dan tersisa hanya satu gelas saja. Saring air rebusan tersebut kemudian minum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.

2. Daun sirih untuk obat Mimisan
   Untuk manfaat daun sirih dan cara penggunaanya yang satu ini cukup mudah. Yakni ambil selembar daun sirih dan gulung atau linting daun sirih tersebut untuk menyumbat hidung yang mimisan.

3. Daun sirih untuk Sakit Gigi
   Caranya rebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu sisakan 1 air gelas saja. Kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Selain mengobati sakit gigi, cara ini juga bisa untuk mengobati sariawan, bau mulut tak sedap dan juga gusi bengkak.

4. Daun sirih untuk Mengobati Bisul

   Siapkan beberapa daun sirih secukupnya. Kemudian giling atau tumbuk sampai halus dan oleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti dua kali sehari.

5. Untuk mengobati Koreng dan Gatal-Gatal

   Ambil 20 lembar daun sirih kemudian rebus sampai mendidih. Kemudian tunggu sampai air rebusan tersebut menjadi hangat. Gunakanlah air rebusan yang masih hangat tersebut untuk membasuh koreng dan gatal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel