Manfaat tanaman sirsak


Tanaman sirsak atau annona muricata adalah jenis tanaman yang berasa dari daerah Amerika Tengah, lebih spesifiknya di Karibia. Dari hasil penelitian, buah dan daun sirsak memilik banyak manfaat untuk kesehatan. Buah sirsak banyak mengandung fruktosa, vitamin B1,B2, dan vitamin C. Daun sirsak banyak dimanfaatkan untuk pengobatan herbal karena banyak sekali kandungan di dalamnya seperti muricapentocin, gigantetronin, linoleic acid, anomurine, caclourine, gentisic acid, annomuricin, anonol, annocatalin, annonacin, acetogenins, annocatacin dan annohexocin yang sangat bermanfaat bagi pengobatan.
Berikut ini adalah manfaat dari buah dan daun sirsak:
1. Sirsak Untuk Mengobati Penyakit Kanker.
Bahan-bahannya : 10 lembar daun sirsak yang sudah tua direbus ke dalam 3 gelas air sampai mendidih sehingga tinggal 1 gelas tersisa. Saring air hasil rebusan tersebut kemudian minum 2 kali dalam 1 hari. Dengan minum secara teratur maka akan bermanfaat untuk membunuh sel-sel yang tidak normal dan membiarkan sel yang normal tumbuh dengan baik.

2. Sirsak Mengobati Sakit Pinggang.
Caranya, Rebus 20 lembar daun sirsak yang sudah tua ke dalam 5 gelas air bersih sampai mendidih hingga tersisa kira-kira 3 gelas. Saring hasil rebusannya dan minum satu kali sehari.

3. Buah Sirsak Untuk Mengobati Bayi Mencret.
Caranya, Peras buah sirsak yang telah masak, kemudian disaring. Dosis untuk bayi adalah 3 sendok makan setiap hari.

4. Untuk Obat Ambeien.
Caranya, Peras buah sirsak yang telah masak, kemudian disaring. Dosis minum 1 gelas perasan sirsak sebanyak 2 kali sehari.

5. Mengobati Bisul.
Caranya, Tempelkan 6-10 daun sirsak yang masih muda ke tempat bisul sampai bisulnya kering.

6. Obat Anyang-anyangen.
Caranya, Rebus buah sirsak setengah masak dengan gula pasir secukupnya ke dalam 2 gelas air. Setelah mendidih kemudian saring dan didinginkan kemudian diminum.

7. Daun Sirsak untuk obat Eksim dan Rematik: Tumbuk beberapa helai daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit hingga tidak terasa sakit lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel