khasiat dan manfaat bawang putih


Nama latinnya adalah Allium sativum. Saudara dari bawang merah dan bawang bombai ini juga merupakan bumbu yang sangat penting untuk membuat masakan supaya menjadi lezat. Namun jika dimakan mentah terasa getir sekali.Bahkan tidak sedikit orang yang sangat tidak suka dengan bawang putih karena baunya yang menyengat. Rasa getir bawang putih ini karena mengandung senyawa-senyawa sulfur,jenis zat kimia yang disebut allin.
Bawang putih paling banyak nilai gizinya dibanding dengan jenis bawang yang lain, yaitu :
1. Vitamin C
2. Mineral P, Ca dan K
3. Fe dan Vitamin B


Di samping itu, bawang putih juga mempunyai khasiat untuk pengobatan, diantaranya untuk mengobati sakit hipertensi, asma, batuk, masuk angin, sakit kepala, sakit kuning, sesak nafas, ambeien, sembelit, luka memar,digigit serangga, cacingan, sulit tidur ( insomnia) dll.

* bawang putih untuk mengobati darah tinggi (hipertensi) :
1 siung bawang putih + 1 buah pisang + `5 gram jamur hioko yang telah direndam samaoilebut, lalu dikukus hingga matang. Semua bahan diblender dengan air secukupnya, tambahkan 2 sendok makan madu aduk rata kemudian diminum.

* untuk mengobati asma :
7 Siung bawang putih dimasukan kedalam bagian tengah 1 buah melon ukuran kecil (yang telah dikupas kulitnya) yang telah dilubangi, lalu tutup kembali. Setelah itu kukus sampai matang dan blender dengan air secukupnya, lalu diminum.

* untuk mengobati batuk :
1 siung bawang putih + buah belimbing manis diblender dengan air secukupnya, lalu tambahkan 2 sendok makan madu, aduk rata lalu minum.

* untuk mengobati ambeien :
Umbi bawang putih di tumbuk halus, kemudian diperas untuk di ambil airnya. Cara penggunakannya yaitu di oleskan di sekitar dubur setiap hari.

* untuk mengobati influensa :
2 batang daun bawang putih + 10 gram jahe + 2 buah mengkudu / pace yang matang dicuci bersih lalu dipotong-potong. Semua bahan diblender dengan air secukupnya, lalu direbus hingga mendidih kemudian airnya diminum selagi hangat.

Apakah sobat masih membenci bawang putih yang banyak mengandung khasiat obat?,,Kini saatnya untuk berubah fikiran. Jika memanfaatkan bawang putih untuk menurunkan darah tinggi atau kolesterol jahat, sebaiknya dimakan mentah-mentah supaya khasiatnya lebih maksimal. semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk sobat semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel