0000000000000000

11 Makanan Yang kaya akan kandungan Vitamin C disekitar kita


 Vitamin C merupakan vitamin yang akan larut kedalam air yang akan anda temukan di banyak makanan enak dan segar, terutama pada sayuran dan buah-buahan. terkenal sebagai antioksidan kuat, serta memiliki efek positif pada kesehatan kulit serta fungsi kekebalan pada tubuh. selain itu juga penting untuk sintesis kolagen, jaringan ikat, tulang, gigi dan pembuluh darah kecil Anda.

Baca8 Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji bagi Kesehatan Tubuh

Tubuh manusia tidak akan dapat memproduksi atau juga menyimpan vitamin C. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi vitamin c secara teratur dalam jumlah yang cukup. Gejala bila kekurangan vitamin c antara lain gusi berdarah, sering memar dan infeksi, penyembuhan luka yang buruk, anemia dan penyakit kudis.

Baca7 Manfaat Tomat Bagi kesehatan Tubuh yang mengejutkan

Berikut ini merupakan 20 makanan yang kaya vitamin C.

1. Cabai
Satu cabai hijau mengandung 109 mg vitamin C. Selain itu, cabai kaya akan capsaicin, senyawa yang bertanggung jawab atas rasa pedasnya. Capsaicin juga dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan

2. Jambu Biji
Jambu biji tunggal mengandung 126 mg vitamin C, buah Ini sangat kaya akan antioksidan likopen. makan 7 buah jambu biji, secara signifikan bisa menurunkan tekanan darah juga kadar kolesterol.

3. Paprika
Kandungan vitamin C pada paprika atau manis meningkat saat matang, Hanya satu setengah cangkir paprika kuning menyediakan 137 mg vitamin C. Mengkonsumsi vitamin C yang cukup penting untuk kesehatan mata Anda dan dapat membantu melindungi dari perkembangan katarak.

4. Blackcurrant
Satu setengah cangkir (56 gram) blackcurrant mengandung 101 mg vitamin C, Flavonoid antioksidan yang dikenal sebagai antosianin memberi warna gelap yang kaya.

5. Bayam
Satu cangkir bayam mustard cincang mentah menyediakan 195 mg vitamin C. Meskipun panas dari memasak menurunkan kandungan vitamin C dalam makanan, selain itu juga mengandung vitamin A, kalium, kalsium, mangan, serat.

6. Kubis
Satu cangkir kubis mentah menyediakan 80 mg vitamin C. kubis juga mengandung vitamin K dalam jumlah tinggi. Antioksidan kuat ini dapat membantu mengurangi penyakit inflamasi yang kronis. 

7. Buah Kiwi
Satu buah kiwi ukuran sedang mengandung sekitar 71 mg vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan buah Kiwi yang kaya vitamin C bisa mengurangi stres oksidatif, menurunkan kolesterol serta meningkatkan kekebalan pada tubuh.

8. Brokoli
Brokoli merupakan sayuran silangan. Satu setengah cangkir brokoli matang mengandung sekitar 51 mg vitamin C. makan banyak sayuran kaya vitamin C akan meningkatkan kekebalan serta penurunan risiko kanker dan juga penyakit jantung.

9. Lemon
Satu lemon mentah utuh termasuk kulitnya menyediakan sekitar 83 mg vitamin C. Vitamin C dalam jus lemon juga bertindak sebagai antioksidan.

10. Leci
Satu buah leci menyediakan hampir 7 mg vitamin C, Leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang bermanfaat bagi otak, jantung, dan pembuluh darah Anda.

11. Pepaya
Satu cangkir pepaya menyediakan sekitar 87 mg akan vitamin C, Vitamin C juga membantu daya ingat dan memiliki efek anti inflamasi yang kuat di otak Anda.

Itulah 11 Makanan yang kaya akan kandungan vitamin c, cukup banyak kita jumpai di banyak toko atau juga pasar di sekitaran rumah kita dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Sumber: Heathline.com