7 Manfaat Makan Mentimun bagi Kesehatan Tubuh

Walaupun pada umumnya dianggap sebagai sayuran, faktanya mentimun sebenarnya juga bisa dianggap buah. mentimun mengandung tinggi nutrisi yang sangat bermanfaat, serta senyawa tanaman dan juga antioksidan tertentu yang bisa membantu untuk mengobati dan bahkan bisa juga mencegah beberapa kondisi tertentu.


Mentimun sangat rendah kalori selain itu juga mengandung banyak air dan serat larut, menjadikan mentimun cukup ideal buat meningkatkan hidrasi serta membantu menurunkan berat badan anda.

Manfaat Makan Mentimun Bagi Kesehatan

1. Tinggi Nutrisi

Mentimun rendah kalori tetapi tinggi vitamin dan mineral penting. Meskipun, ukuran porsi khas adalah sekitar sepertiga dari mentimun, jadi makan porsi standar akan menyediakan sekitar sepertiga dari nutrisi di atas. Selain itu Untuk memaksimalkan kandungan nutrisinya, mentimun harus dimakan tanpa dikupas. Mengupasnya mengurangi jumlah serat, serta vitamin dan mineral tertentu.

2. Mengandung Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang menghalangi oksidasi, reaksi kimia yang membentuk atom yang sangat reaktif dengan elektron tidak berpasangan yang dikenal sebagai radikal bebas. Akumulasi radikal bebas berbahaya ini dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis.

3. Mempromosikan Hidrasi

Dalam satu penelitian, status hidrasi dinilai dan catatan diet. Mereka menemukan bahwa peningkatan asupan buah dan sayuran dikaitkan dengan peningkatan status hidrasi. Karena mentimun terdiri dari sekitar 96% air, mentimun sangat efektif dalam meningkatkan hidrasi dan dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan harian Anda.

4. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Mentimun berpotensi membantu Anda menurunkan berat badan dengan beberapa cara berbeda. Satu analisis mengamati 13 penelitian termasuk 3.628 orang dan menemukan bahwa makan makanan dengan kandungan air tinggi dan rendah kalori dikaitkan dengan penurunan berat badan yang signifikan.

5. Dapat Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian pada hewan dan tabung telah menemukan bahwa mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes.

6. Ini Bisa Mempromosikan Keteraturan

Makan mentimun dapat membantu mendukung buang air besar secara teratur. Dehidrasi adalah faktor risiko utama untuk sembelit, karena dapat mengubah keseimbangan air Anda dan membuat buang air besar menjadi sulit.

7. Mudah Ditambahkan ke Diet Anda

Mentimun juga sering dimakan mentah sebagai camilan rendah kalori atau bisa dipasangkan dengan hummus, minyak zaitun, garam atau saus salad untuk menambah sedikit rasa.

Itulah 7 Manfaat Makan mentimun bagi kesehatan tubuh, memang kesehatan itu sangat mahal harganya namun kita bisa mencegah datangnya penyakit dengan cara yang simpel dan murah, salahnya satunya dengan mengkomsumsi mentimun dengan kulitnya.

Rizqy Shewhite aku gur mok menongso sing gaweane ngaco liyan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel